RAJACON

One Stop Container Solution

Kami siap menyediakan kebutuhan Anda terkait penyewaan container untuk pengiriman ke seluruh Indonesia. 

Mengapa Memilih Sewa Container RAJACON?

Harga Bersaing

Kami berusaha memberikan harga terbaik di semua layanan jasa penyediaan container untuk Anda

Tim Berpengalaman

Kerjasama tim menjadi prioritas layanan kami untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada Anda

Customer Service 24/7

Tentu kebutuhan Anda bisa sangat darurat, kami tentu selalu siap setiap saat melayani Anda

Layanan Sewa Container Kami

Kami menjual container bekas/baru area Jakarta dan sekitarnya dengan berbagai kondisi, siap pakai untuk keperluan pribadi atau perusahaan.

jasa sewa container

Sekilas Tentang Jasa Sewa Container

Container atau biasa disebut peti kemas biasanya digunakan untuk membawa barang yang berisi seperti karung, drum, dan yang lainnya.

Untuk membawa barang tersebut, maka dibutuhkan jasa sewa container yang menjadi salah satu layanan kargo yang dapat membantu masyarakat untuk menangani masalah pengiriman paket barang seperti pengiriman ke luar kota, luar provinsi, serta ke luar negeri dengan jumlah barang yang banyak serta besar dan diangkut menggunakan armada trailer container 20 feet memiliki ukuran panjang 6 meter, lebar 2.2 meter, serta tinggi 2.2 meter dan memiliki kemampuan isi standar sekitar 23 ton.

Untuk waktu pengiriman menggunakan container 20 feet ini bisa memakan waktu sampai berhari-hari dan tergantung dari jarak tujuan pengiriman itu sendiri, apabila jarak pengiriman dekat, maka kemungkinan waktu yang ditempuh hanya sekitar 1 hingga 3 hari, sedangkan untuk jarak jauh sekitar 8 sampai 12 hari, namun hal ini tergantung dari kapal yang akan membawanya atau mengangkutnya.

Untuk container yang 40 feet memiliki ukuran panjang 12 meter, lebar 2.2 meter, serta tinggi 2.2 meter, untuk kemampuan isi dari kontainer ini tidak jauh berbeda dengan kontainer 20 feet, hal yang membedakan hanya untuk panjangnya, namun kontainer 40 feet ini ialah untuk membawa barang yang memiliki ukuran panjang yang tidak dapat dimasukan dalam ukuran kontainer 20 feet.

Sebelum Anda menyewa atau telah membeli container, maka sebaiknya anda membereskan atau mengepak barang yang akan dikirim secara rapi.

Karena barang yang mudah pecah maupun basah, harus dilapisi menggunakan kayu, plastik, dan juga kardus. Selain itu anda juga harus atau diwajibkan untuk mengasuransikan barang yang akan dikirimkan.

Hal ini tentunya bermanfaat untuk bisa mendapatkan ganti rugi, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau tidak terduga seperti kapal yang tenggelam maupun terbakar, bencana alam, atau hal yang lainnya.

Bagi anda yang akan menggunakan jasa sewa kontainer ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu dari jenis layanan sewa kontainer.

Terdapat 3 jenis layanan sewa container yang bisa anda ketahui sekaligus untuk menambah wawasan dan pengetahuan, sehingga anda bisa memahami apa itu DTD, DTP, dan PTP. Berikut ini penjelasan tentang jenis layanan sewa container, yaitu:

  1. Door to Door atau DTD ini yakni Pengiriman paket barang atau muatan yang dijemput dari tempat penjemputan, dan diantar sampai tujuan.
  2. Port To Port atau PTP ini yakni Pengiriman paket barang atau muatan yang diambil dari pelabuhan, serta diantar hingga di pelabuhan dari penerima paket atau tujuan.
  3. Door To Port atau DTP ini yakni Pengiriman paket barang atau muatan yang diambil dari tempat asalnya, dan diantar hingga di pelabuhan yang terdekat dari tempat yang akan dituju.

Dari ketiga layanan diatas, apabila anda sudah mengetahui apa itu DTD, PTP, ataupun DTP, maka anda dapat memesannya yang secara fleksibel dan juga sesuai dengan kebutuhan kustomer, baik itu untuk satu kali jalan maupun pulang pergi.

Tips Cara Memilih Jasa Sewa Container

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh anda sebelum memilih jasa rental container yang dapat dijadikan sebagai transportasi untuk pengiriman paket besar yang tepat dan aman. Berikut ini daftar tips cara memilih jasa rental container, yaitu:

1. Menggunakan Ekspedisi Container Terpercaya

Ada banyak perusahaan yang beroperasi atau bergerak di bidang layanan jasa penyewaan container, dan dari semua perusahaan layanan jasa tersebut belum tentu mempunyai ijin yang legal. Sehingga, hal ini perlu melakukan cek ulang seperti pada legalitas untuk ijin usaha yang berasal dari trucking container itu serta anda juga perlu dan harus bisa memastikan vendor ekspedisi container yang di pilih oleh anda bukan berasal dari Perseorangan, melainkan berasal dari Perusahaan.

2. Menggunakan Jasa Rental Container Spesialis Rute

Sebelum anda memastikan hal yang lainnya dan lebih lanjut, maka anda harus melakukan pengetesan terlebih dahulu kepada vendor ekspedisi container, apakah perusahaan tersebut memiliki keahlian dalam hal pengiriman barang atau muatan dengan rute yang sudah Anda inginkan dan tentukan. Apabila tidak memiliki keahlian tersebut, maka jangan gunakan perusahaan atau vendor ekspedisi container tersebut.

3. Pastikan Supir Untuk Container Memiliki Ijin Mengemudi

Pada saat anda menggunakan layanan sewa pengiriman barang menggunakan container, maka anda tentunya tidak ingin barang atau muatan yang akan Anda kirim terhambat karena terdapat kendala dalam pengiriman dikarenakan supirnya terkena razia operasi di jalan raya. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal tersebut, maka segeralah untuk melakukan pengecekan legalitas ijin mengemudi dari supir container, karena pada tahap ini biasanya lebih sering terlewatkan.

4. Memonitoring Pengiriman Barang

Pada saat barang atau muatan sudah dalam perjalanan pengiriman, maka hal yang harus anda lakukan yaitu memastikan perusahaan rental container yang anda pilih memiliki fitur yang dapat digunakan oleh Anda untuk melakukan memonitoring lokasi untuk pengiriman barang besar dengan cara real time dan menggunakan nomor resi yang sudah Anda dapatkan pada saat anda melakukan pemesanan container.

5. Packing Barang atau Muatan

Berbeda jenis barang atau muatan, maka berbeda pula dalam melakukan pengepakan atau pengemasan barang. Pada saat packing atau mengemas barang yang berbahan dasar dari kaca atau dari bahan yang mudah pecah lainnya, maka anda perlu menggunakan bahan material packing barang yang bisa menjaga barang agar tetap aman meskipun terkena goncangan dari lintasan container. Maka untuk hal ini anda perlu memperhatikannya, karena biasanya tidak semua layanan jasa rental container itu memiliki tenaga yang bisa digunakan untuk membantu Anda melakukan pengepakan atau pengemasan barang. Sehingga dengan hal ini menjadi hal yang seharusnya yang Anda lakukan.

6. Menggunakan Asuransi Kirim Barang

Tentu untuk proses pengiriman barang atau muatan menggunakan layanan jasa, hal yang perlu diperhatikan pada saat barang yang Anda kirim yaitu untuk barang-barang yang memiliki harga dan hal yang lainnya, agar dapat menjaganya agar tetap aman, maka gunakanlah asuransi pengiriman barang yang terpercaya. Sehingga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, maka anda dapat meminta ganti rugi.

7. Memperhatikan Kondisi Container

Selain itu hal yang perlu anda perhatikan yaitu dengan memperhatikan bagaimana kondisi dari container yang akan digunakan oleh anda atau yang akan anda gunakan untuk membawa barang atau muatan yang akan dikirimkan. Karena hal ini sangat penting, jangan sampai untuk pengiriman barang atau muatan anda terhambat, disebabkan penggunaan container yang tidak baik atau optimal lantaran terdapat masalah pada container yang akan digunakannya.

Jangkauan Area Sewa Container

Apakah untuk rute dari perjalanan sewa container ini hanya seperti yang sudah disebutkan dalam daftar harga di atas?:

Tentu tidak, karena masih ada banyak lagi rute perjalanan sewa container yang dapat Anda pilih. Sebab, untuk layanan kirim barang ini menggunakan layanan jasa sewa kontainer yang bisa melayani pengiriman sampai seluruh Indonesia, seperti pengiriman antar pulau, antar kota, antar provinsi, bahkan sampai pengiriman sampai luar negeri.

Berikut adalah beberapa jangkauan area sewa container:

  • Sewa Container Jabodetabek: Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi.
  • Sewa Container Jawa Timur: Surabaya, Blitar, Kediri, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo.
  • Sewa Container Jawa Tengah: Purwokerto, Magelang, Pekalongan, Banyumas, Cilacap, Semarang, Purbalingga, Tegal, Salatiga, Purworejo.
  • Sewa Container Yogyakarta.
  • Sewa Container Jawa Barat: Cimahi, Cirebon, Bandung, Banjar, Bekasi, Majalengka, Indramayu, Karawang, Subang, Tasikmalaya.
  • Sewa Container Bali: Denpasar, Singaraja.
  • Sewa Container Sumatera Barat: Padang Pariaman, Bukittinggi, Pariaman.
  • Sewa Container Kepulauan Riau.
  • Sewa Container Bangka Belitung.
  • Sewa Container Bengkulu.
  • Sewa Container Aceh.
  • Sewa Container Jambi.
  • Sewa Container Kalimantan: Balikpapan, Berau, Tarakan, Pontianak, Singkawang, Sambas, Melawi, Palangkaraya, Samarinda, Bontang, Banjarmasin.

Cara Menggunakan Jasa Sewa Container

Apabila anda tertarik untuk mulai menggunakan jasa rental container sebagai transportasi untuk mengirimkan barang atau muatan yang akan dikirimkan, maka anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini, yaitu:

1. Cek Rute

Cara yang harus Anda lakukan yang pertama yakni dengan mengecek rute perjalanan untuk penjemputan atau pengambilan barang maupun muatan serta tujuan pengiriman barang yang diinginkan oleh anda. Kemudian, anda memilih armada yang diinginkan oleh anda pada halaman sewa container. Di dalam halaman tersebut maka akan terdapat 6 pilihan yang bebas Anda pilih, yaitu Kontainer atau FCL 20 Darat, Kontainer atau FCL 20 Laut, Kontainer atau FCL 40 Darat, Kontainer atau FCL 40 Laut, Kontainer atau LCL Darat, Kontainer atau LCL Laut. Apabila anda belum mengetahui apa itu FCL, CFS, dan LCL, maka berikut ini penjelasan tentang perbedaan fcl serta lcl, yaitu:

  • FCL atau Full Container Load yaitu jenis pengiriman barang atau muatan dengan menggunakan container, meskipun quantity barang tersebut akan lebih pantas dengan menggunakan mode lcl, akan tetapi apabila shipper mengirimkan barang dengan container atau peti kemas, maka jenis pengiriman ini disebutnya dengan fcl. Karena pengiriman barang dengan menggunakan mode fcl ini, maka anda harus mendatangkan container ke gudang anda untuk menjalani proses stuffing atau proses pemuatan barang. Apabila stuffing sudah selesai, maka container itu akan disegel dan anda mengirimkan ke tempat penumpukan container atau peti kemas di pelabuhan.
  • CFS atau Container Freight Station yaitu mode pengiriman yang berasal dari gudang lcl negara asalnya hingga ke gudang lcl negara tujuannya. Cfs ini menandakan bahwa mode pengiriman barang atau muatan tersebut dengan cara lcl.
  • LCL atau Less Container Load yakni jenis pengiriman barang yang tidak menggunakan container atau peti kemas atau parsial. Apabila menggunakan jenis pengiriman lcl ini, maka untuk barang atau muatan yang dikirim tersebut ditujukan kepada gudang penumpukan yang ada dishipping agent. Kemudian dari pihak gudang tersebut akan melakukan pengumpulan barang-barang kiriman lcl yang lainnya sampai memenuhi kuota untuk di loading atau di muat ke dalam container. Apabila memerlukan kontainer dengan menggunakan sistem pendingin atau freezer, maka dapat dilakukan pada tahap yang selanjutnya

2. Isi Detail Pengiriman

Isilah detail pengiriman container tentang barang atau muatan yang akan Anda kirim. Beberapa form yang harus diisinya yaitu meliputi:

3. Kapasitas Kontainer

Menggunakan form ini dapat merubah lagi kapasitas kontainer yang sesuai dengan keinginan Anda.

4. Deskripsi Barang

Isilah dengan barang atau muatan yang akan dimuat atau dibawa oleh kontainer, contohnya seperti Besi baja, mesin cat, alat-alat berat, perabotan rumah tangga, barang berbahaya dan yang sebagainya.

5. Komparasi Berat Barang

Memasukkan semua total perkiraan dari barang muatan yang akan dibawa atau dikirim menggunakan kontainer dengan berat satuan TON ataupun Kilogram.

6. Komparasi Dimensi Barang

Sebelum anda akan menggunakan atau memakai jasa pengiriman container, maka untuk hal yang pertama dilakukan yaitu anda harus mengecek jumlah kubikasi serta volume dari barang atau muatan anda, setelah itu anda harus mencari tahu berapa jumlah barang serta ukuran dari container yang akan digunakan, yaitu dengan masukkan total perkiraan dari dimensi barang muatan, contohnya yaitu:

Jasa pengiriman kulkas dengan ukuran:

  • Panjang: 140cm
  • Lebar: 120cm
  • Tinggi: 200cm
  • Perhitungan: 140 x 120 x 200 / 4.000 = 840kg

7. Foto Barang

8. Fasilitas Tambahan

Untuk dapat lebih jelas pengirimannya maka anda harus melengkapi data diri, seperti nama, email, dan nomor telepon atau handphone yang dapat dihubungi dan direkomendasikan yang sudah terdaftar atau terhubung pada WhatsApp agar dapat segera dihubungi oleh pihak jasa sewa container.

9. Cek Alamat Pengiriman Peti Kemas atau Container

Jasa pengiriman barang melalui container itu sendiri memang melayani pengiriman ke seluruh indonesia, akan tetapi anda perlu memastikan daerah tujuan pengiriman anda, bisa dijangkau dengan jasa pengiriman container, dan ketahui detail alamat pengiriman.

Jenis, Ukuran dan Kapasitas Container

1. Dry Container

Dry Container menjadi salah satu jenis container yang digunakan oleh jasa sewa container dan yang paling umum terdapat pada tempat penyewaan container 20 feet, dan container 40 feet untuk mengangkut barang-barang yang tidak memerlukan pengaturan suhu dingin atau jenis barang dengan kargo kering. Dry Container ini sering digunakan untuk membawa atau mengirimkan jenis-jenis alat barang berat, seperti untuk mengirim alat mesin berat, pindahan kantor, mengirim perabotan rumah tangga, mengirim mobil, pindahan gudang, mengirim motor, dan juga mengirim paket besar yang lainnya.

  • Sewa Container 20 Feet Dry

Container atau peti kemas Dry Container 20 Feet ini memiliki ukuran karoseri dengan panjang 630 cm, lebar 235 cm, tinggi 239 cm, berat kosong 2.300 kg, dan kapasitas muatan 16.000 kg atau 33 cbm.

  • Sewa Container 40 Feet Dry

Container atau peti kemas Dry Container 40 Feet ini memiliki ukuran karoseri dengan panjang 1200 cm, lebar 235 cm, tinggi 239 cm, berat kosong 3.750 kg, dan kapasitas muatan 25.000 kg atau 64 cbm.

2. Freezer Container

Freezer Container ini yaitu jenis container yang sering terdapat di tempat penyewaan container untuk 20 feet, dan juga container 40 feet untuk mengangkut atau membawa barang-barang yang memerlukan dengan pengaturan suhu tinggi agar tetap dingin dan fresh. Freezer Container ini biasa digunakan dalam hal untuk mengirimkan ikan segar, mengirim bahan pangan, mengirim es krim, mengirim es balok dan yang sebagainya.

  • Sewa Container 20 Feet Reefer

Container 20 Feet Pendingin ini mempunyai ukuran badan container yang memiliki panjang 630 cm, lebar 235 cm, tinggi 239 cm, berat kosong 3.080 kg, dan juga kapasitas 16.000 kg atau 33 cbm.

  • Sewa Container 40 Feet Reefer

Container 40 Feet Pendingin ini mempunyai ukuran badan container yang memiliki panjang 1200 cm, tinggi 239 cm, lebar 235 cm, berat kosong 4.800 kg, serta dengan kapasitas muatan 25.000 kg atau 64 cbm.

3. Fantainer Container

Container jenis ini khusus untuk mengangkut komoditas yang memerlukan sirkulasi udara yang cukup. Maka dari itu, container ini memiliki ventilasi udaara yang terdapat pada bagian sisi samping container, sehingga udara dapat bebas keluar masuk. Misalnya untuk komoditi yang memerlukan pelayanan khusus seperti biji kopi.

4. Hanger Trainer

Container jenis ini dapat disebut juga dengan kontainer bergantung, karena pada bagian dalam container atau peti kemas, terdapat penggantung atau hanger yang biasanya digunakan untuk menggantung barang-barang tekstil seperti pakaian agar tidak menjadi kusut.

5. Tank Container

Container jenis ini memiliki bentuk tangki yang besar dan ditempatkan pada kerangka container. Peti kemas jenis ini digunakan untuk pengiriman barang atau muatan cair, seperti cairan ataupun gas.

6. Open Side Container

Container jenis ini hampir sama dengan jenis container pada umumnya, akan tetapi pada salah satu sisi maupun kedua sisi container ini dapat dibuka. Container ini dibuat agar dapat mengangkut muatan yang memiliki bentuk lebar, sehingga dapat dimasukkan dari sisi samping container itu sendiri. Untuk barang-barang yang biasanya diangkut dengan container ini yaitu mesin industri, dan yang lainnya.

7. Bulk container

Yakni jenis container yang digunakan untuk membawa atau mengangkut barang yang berbentuk butiran maupun curah dalam jumlah yang banyak, misalnya biji-bijian, pakan ternak, dan juga rempah-rempah.

8. Container Flat Rack

Peti kemas atau kontainer jenis ini biasa digunakan untuk membawa atau mengangkut barang-barang yang tidak muat, apabila dimasukkan kedalam container atau peti kemas yang biasa. Bentuk dari container ini yaitu seperti container atau peti kemas yang pada umumnya, akan tetapi tidak mempunyai atap serta sisi samping peti kemas itu sendiri.

Fasilitas Tambahan Jasa Sewa Container

Ada beberapa fasilitas tambahan yang bisa anda dapatkan apabila menggunakan jasa sewa container, sehingga hal ini dapat memberikan kenyamanan serta kepuasan tersendiri untuk anda yang akan menggunakan layanan jasa sewa container. Berikut ini berbagai fasilitas tambahan yang dapat anda rasakan pada jasa pindahan yang dapat Anda gunakan, yaitu:

  • Kuli Jasa Angkut

Kuli jasa angkut menjadi salah satu fasilitas optional atau tambahan yang dapat memberikan layanan bongkar muat barang atau muatan dari dan ke kontainer. Dengan menggunakan jasa kuli angkut, maka dapat meminimalisir atau mengurangi resiko kerusakan barang, karena untuk penyusunan barang atau muatan anda, akan bisa disesuaikan oleh orang yang sudah ahli atau profesional.

  • Jasa Pengepakan Barang atau Pengemasan

Jasa pengepakan barang yakni sebuah layanan fasilitas tambahan yang dapat membantu Anda untuk melakukan pengemasan atau pengepakan barang oleh tenaga yang sudah ahli dalam bidangnya dan disesuaikan dengan jenis barang yang akan dikirim.

  • Asuransi Pengiriman

Asuransi pengiriman ini menjadi salah satu fitur tambahan yang paling diminati untuk pengguna jasa sewa kontainer, hal ini karena asuransi jasa pindahan barang menjadi salah satu jalan alternatif untuk pemilik barang agar dapat mengurangi resiko terjadinya barang yang hilang dan juga rawan barang pecah. Terdapat 5 asuransi yang terkenal dan dapat digunakan untuk menjaga keamanan dari barang pindahan Anda dan ada beberapa nama asuransi yang diantaranya yaitu ABB, HIMALAYA, Ferfex. Untuk harga dari asuransi jasa pindahan barang itu sendiri yaitu sekitar 0,085 – 0,1 % dari nilai barang.