7 Pertimbangan Sebelum Membeli Container Modifikasi

RajaCon – Selama ini kita selalu menganggap kalau container atau kontainer hanya digunakan untuk menyimpan barang lalu dikirim ke berbagai tempat. Ternyata container bekas juga bisa dimodifikasi menjadi berbagai hal yang menarik mulai dari cafe, kedai kecil, kantor, hingga rumah untuk hunian dan juga bangunan seni.

Kalau Anda ingin membeli container modifikasi untuk berbagai keperluan, perhatikan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu. Jangan asal membeli kalau nantinya malah kecewa dan tidak bisa digunakan dengan maksimal. Apalagi ukuran dari container cenderung besar dan pasti akan repot kalau salah desain dan harus dipindahkan.

Agar pembelian container bisa berjalan dengan lancar, simak tips di bawah ini.

1. Mengetahui Jenis Modifikasi yang Diinginkan

Sebelum melakukan modifikasi kontainer, ada baiknya Anda pastikan dahulu mampu membuat apa. Apakah ingin membuat kantor, cafe, kedai kecil, atau membuat rumah untuk dihuni setiap hari. Setelah mendapatkan ide yang jelas, coba buat desainnya dengan baik dan detail agar tahu apakah keinginan Anda cukup realistis atau tidak.

Secara umum container memiliki ukuran besar dan kotak. Desain yang terlalu rumit tentu saja sulit direalisasikan. Jadi, pastikan dahulu desainnya seperti apa. Selanjutnya, Anda bisa segera melakukan survei. Biasanya untuk jenis modifikasi ini Anda butuh container bekas yang harganya cenderung lebih murah.

2. Memilih Container yang Tepat

Jenis container ada banyak dan Anda harus memilih yang sesuai dengan desain. Kalau Anda tidak paham seperti apa ukuran dari kontainer, sebisa mungkin untuk menghubungi para penjual container bekas. Tanyakan ukurannya lalu buat desain dengan data itu. Kalau Anda hanya asal melakukan desainnya saja, bisa jadi tidak ada jenis container yang sesuai.

Ada banyak jenis container yang bisa dimodifikasi mulai jenis yang terbuka di atas, terbuka di samping, hingga jenis reefre untuk pendingin. Sesuaikan jenis dengan fungsinya agar pemilihan container-nya bisa sesuai dan tidak membuang cukup banyak dana untuk modifikasinya.

3. Mempertimbangkan Harga Beli dan Modifikasi

Harga container baru dan biaya modifikasi kontainer harus disesuaikan dengan bujet yang Anda miliki. Jangan sampai harga modifikasi jauh lebih mahal dari harga container yang dibeli. Jadi, pertimbangkan baik-baik apakah memakai yang baru atau bekas untuk menjembatani keinginan dan juga desain yang dimiliki.

Kalau harga masih tidak sesuai dengan bujet yang Anda miliki, ada baiknya mengecek lagi di mana letak pemborosan itu. Kalau sudah sesuai Anda bisa segera membelinya untuk melakukan modifikasi sesuai dengan keinginan. Selanjutnya pemasangan bisa dilakukan dan bangunan bisa segera digunakan.

4. Mempertimbangkan Ukuran

Selalu pertimbangkan ukuran dari container kalau ingin melakukan modifikasi menjadi bentuk apapun. Secara umum ada tiga jenis ukuran yang paling banyak digunakan. Pertama ukuran container 20 feet yang cocok untuk cafe. Selanjutnya ada ukuran container 40 feet yang cocok untuk rumah. Terakhir ukuran container 10 feet yang cocok untuk kedai di pinggir jalan atau event.

Ukuran dari container ini sangat penting dan harus dipertimbangkan dengan baik. Kalau Anda tidak bisa melakukannya, bisa saja bangunan yang dibuat dari modifikasi container tidak sesuai dengan harapan.

5. Mempertimbangkan Lokasi Pemasangan

Pertimbangkan lokasi untuk pemasangan container itu sendiri. Kalau digunakan untuk rumah tentu butuh lokasi yang cukup besar. Kalau lokasinya untuk restoran atau jenis pop-up yang bisa dibongkar pasangan, container yang agak kecil bisa dipilih agar sesuai dengan kebutuhan.

Lokasi harus dipertimbangkan untuk pemasangan container karena harga pembuatannya bisa berbeda-beda. Harga kontainer untuk rumah dan pop-up tentu saja berbeda karena dari segi ukuran dan desain juga tidak sama. Pertimbangkan lokasi dengan bijak, dan jangan beli container baru mencari lokasinya.

6. Beli dengan Survey yang Matang

Salah satu kesalahan terbesar kita adalah mudah membeli sesuatu tanpa mempertimbangkan banyak hal. Padahal mempertimbangkan banyak hal sangat penting untuk menghindari kesalahan saat membeli atau modifikasi. Anda bisa datang ke beberapa penyedia container modifikasi yang ada sekitar Jakarta atau Surabaya.

Dari berbagai survei yang dilakukan, Anda akan mendapatkan berbagai kesimpulan seperti di mana harus membeli, seperti apa ukuran yang akan diambil, hingga modifikasi seperti apa yang sesuai. Kalau sudah survei ke mana saja, pertimbangkan yang Anda miliki bisa matang dan peluang terjadi kesalahan akan kecil.

7. Memilih Vendor Modifikasi yang Tepat

Pilih vendor yang tepat kalau Anda ingin melakukan modifikasi sesuai dengan keinginan. Penjual container bekas dan modifikasi ada banyak. Namun, tidak semuanya menawarkan layanan yang sesuai dengan keinginan. Salah satu penyedia container modifikasi terbaik di Indonesia adalah Rajacon.

Di Rajacon Anda bisa memilih sendiri jenis container yang diinginkan mulai dari bekas hingga modifikasi. Ada beberapa grade atau tingkatan yang ditawarkan dengan harga tertentu. Kalau Anda butuh container modifikasi, ada baiknya untuk menghubungi Rajacon dan melakukan konsultasi desain. Jika sesuai keinginan, bisa memberikan down payment dan container bisa segera dikerjakan.


Dari ulasan di atas terlihat dengan sangat jelas kalau melakukan pertimbangan yang matang adalah hal yang sangat penting. Apalagi kalau Anda sedang menjalankan bisnis. Salah desain sejak awal saja bisa memengaruhi penghasilan dan perkembangan bisnis di kemudian hari.

Kalau Anda ingin melakukan konsultasi seputar container modifikasi dan desainnya, ada baiknya segera menghubungi Rajacon. Berbagai hal terkait container baik bekas atau baru akan dilayani dan dibantu untuk mencarikan yang terbaik sebelum dibeli. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *